Kamis, 16 Maret 2017

KERASNYA KEMAUAN TIDAK MAMPU MENEMBUS TIRAI TAQDIR ( AL HIKAM BAB 3 )

AL HIKAM BAB 3

سوابق الهمم لا تخرق اسوار الاقدار


" Himmah ( kuatnya kemauan ) yang menggelora, tidak mampu mengoyak tabir taqdir Allah "

Kemauan keras termasuk kekuatan yang di miliki manusia atas izin Allah, sebagai motivasi untuk memperoleh suatu cita - cita . Namun demikian semangat dan cita-cita hamba tetap berkaitan dengan irodah dan izin Allah ( Qadho dan Qodar )

Pada akhirnya segala kekuatan yang di miliki manusia itu terbatas  dan akan tergantung pada kehendak Allah. Karena sekeras - kerasnya keinginan dan gelora cita-cita tidak mampu menerobos taqdir Allah .


Ketika seseorang mempunyai keinginan untuk mencapai cita - citanya, maka hendaknya di upayakan ( ikhtiar ) bersama dengan gerakan iman yang memenuhi qalbunya. Karena dengan iman inilah yang yang dapat mengatur himmahnya . Apakah akan tunduk terhadap taqdir atau menolak. Apabila ia tunduk pada qadha dan qadar setelah berikhtiar dengan sungguh - sungguh maka itulah iman yang sesungguhnya. Ia akan tetap tenang dengan hasil apapun serta tidak putus asa dan menyelasi diri.

Ia pun tidak berprasangka buruk kepada Allah dan dan keoada manusia.

Kehendak Allah itulahyang akan berlaku dalam perjalanan hidup manusia. Kemauan dan cita- cita yang bergelora tidak mampu melewati qadha dan qadar Allah swt.



  

0 komentar:

Posting Komentar


 
Template designed by Liza Burhan